Usus Penuh Cacing, Bocah Ini Kehilangan 22 Liter DarahHealth1 Hour ago

Usus Penuh Cacing, Bocah Ini Kehilangan 22 Liter Darah

1 Hour ago by

Usus Penuh Cacing, Bocah Ini Kehilangan 22 Liter Darah

Sebuah terapi yang dikenal dengan sebutan terapi Deworming, diklaim dokter telah berhasil membantu menyembuhkan penyakit bocah lelaki yang ususnya penuh cacing.

Kondisi tersebut membuat anak lelaki berusia 14 tahun asal India tersebut harus kehilangan 22 liter darahnya.

Menurut dokter, pasien dirujuk ke Rumah Sakit Sir Gangga Ram (SRGH) pada Agustus tahun lalu dengan keluhan sering buang air besar mengeluarkan darah.

“Anak itu menderita anemia defisiensi besi selama dua tahun terakhir. Dia menjalani transfusi darah berulang dan menerima 50 unit (22 liter) transfusi darah dalam dua tahun terakhir,” kata Anil Arora, Ketua Departemen Gastroenterologi di Rumah Sakit Sir Gangga Ram.

Arora mengatakan, beberapa kali pasien gagal didiagnosis bahkan setelah melakukan tes EGD, kolonoskopi dan studi radiografi usus.

Hemoglobin pasien juga tercatat rendah pada angka 5,86. Seiring masalah yang terus berlanjut dan adanya perdarahan gastrointestinal, dokter memutuskan untuk menggunakan metode endoskopi kapsul yang jarang digunakan.

Endoskopi kapsul adalah prosedur medis menggunakan kamera nirkabel kecil untuk memotret saluran pencernaan dengan cara menelan kapsul oleh pasien.

“Kita bisa melihat cacing tambang terkubur di usus kecil dan terlihat aktif mengisap darah dengan gerakan menari,” kata Arora dilansir Zeenews.

Setelah menjalani perawatan, anak tersebut perlahan-lahan membaik dan hemoglobinnya meningkat menjadi 11 gm / dl.

“Secara konvensional, cacing tambang ditemukan pada populasi Asia. Manifestasi cacing tambang dapat dicegah dengan menghindari berjalan kaki tanpa sandal dan menjaga kualitas makanan,” katanya

Kasus medis langka seorang anak kehilangan banyak darah, karena banyak cacing di ususnya ini juga telah diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases and Therapy edisi terbaru.

 
cacing 

Sumber